Ketidakpastian dan Perputaran Roda


How life is full of uncertainties.

Penuh ketidakpastian. Nasihat yang dulu sering dikumandangkan ke telinga memang benar adanya, bahwa roda itu berputar sama halnya dengan kehidupan kita. Ada kalanya kita di atas, dan ada saatnya kita akan berada di bawah.

Terkadang, perubahan itu serasa kejutan yang tak disangka. Kemarin mungkin kita bersuka ria di atas awan, eh tiba-tiba hari ini kita diharuskan untuk mendayung rakit di arus deras. Benar-benar tiada yang tahu kecuali Dia.

Baiknya, Dia dengan terang-terangan memberikan kita contoh untuk dijadikan pelajaran. Contoh berupa peristiwa yang terjangkau oleh mata kita. Begitu pun aku yang seringkali menjumpai orang yang sedang menghadapi ekstremnya ketidakpastian hidup, terutama ketika mereka sedang berada di bawah.

Mereka punya caranya masing-masing dengan berbagai lapisan rencana. Cara yang terkadang membuatku heran dan terkagum-kagum. Bagaimana bisa mereka melewati semuanya setenang itu, selihai itu, sesabar itu. Membuatku berpikir kira-kira putaran roda seperti apa yang nanti akan kualami. Akankah sekencang itu atau bahkan lebih. Siapkah aku dan sudahkah aku punya rencana berlapis? Jadi pusing mendadak wkwk.

Atasan di kantorku pernah bilang, "Roda memang berputar. Tinggal bagaimana caranya kita harus mempercepat putarannya ketika kita ada di bawah, dan memperlambat putarannya ketika kita di atas." hmmm masuk akal memang. Jadi yang sebenarnya harus dihilangkan adalah keraguan dan ketakutan yang bersarang dalam diri. Susah sekali memang, tapi bukan berarti tidak bisa. Well, semoga Tuhan senantiasa dekat dan membimbing kita.


Labels: ,
edit

No comments:

Post a Comment